XL Axiata Bangun Jaringan Data Besar-Besaran di 2018

image

Foto (ki-ka): Direktur Komersial XL Axiata, Allan Bonke, Akademisi dan Praktisi Teknologi, Richardus Eko Indrajit, Komisaris BRTI, Agung Harsoyo dan Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya dalam acara peluncuran spirit #JadiLebihBaik di Jakarta. Selasa (13/2/2018)

Jakarta, UrbannewsID.com | Memasuki tahun 2018, XL Axiata mengambil spirit “Jadi Lebih Baik”. Spirit ini mendasari komitmen untuk terus berusaha menjadi lebih baik dengan mengembangkan jaringan data berkualitas ke berbagai penjuru tanah air. Komitmen ini, tentunya tidak terlepas dari keinginan XL Axiata mampu mendorong masyarakat Indonesia menjadi lebih baik untuk dirinya sendiri dan keluarga, juga masyarakat dan komunitas sekitar dalam segala aspek kehidupan.

Hal ini, tidak terlepas dalam dua tahun terakhir nampak semakin meningkatnya kualitas koneksi data XL Axiata, traffic data secara terus-menerus yang sangat signifikan. Untuk lebih meningkatkan kepuasan pelanggan dan memperkuat pertumbuhan kinerja bisnis perusahaan, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) tahun ini bertekad untuk melanjutkan pembangunan jaringan data secara besar-besaran khususnya di luar Jawa.

Di sepanjang 2017, jumlah pelanggan yang mengakses layanan data terus meningkat dan mampu mendorong kenaikan traffic layanan data hingga 2x lipat atau meningkat sebesar 148% YoY. Prestasi XL Axiata tahun lalu juga dikarenakan faktor berlanjutnya perluasan jaringan ke wilayah-wilayah dengan permintaan yang tinggi, yang kemudian mendorong pertumbuhan yang kuat pada pendapatan dan traffic dari wilayah luar Jawa.

Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan,”Pencapaian XL Axiata sepanjang 2017 secara jelas memberikan sinyal bahwa saatnya kami musti melangkah ke fase berikutnya, yaitu memaksimalkan kemampuan jaringan data guna meningkatkan kualitas layanan, termasuk memperluas cakupan layanan ke area-area luar Jawa. Kami mencanangkan tekad #JadiLebihBaik, sehingga akan semakin memuaskan pelanggan dan para pemangku kepentingan lainnya.”

“Tahun 2017 yang lalu, cakupan layanan data 3G/4G LTE XL Axiata mencapai sekitar 93%, sementara layanan 4G mencapai 85% dari total populasi. Untuk pengembangan jaringan dan juga penerapan teknologi jaringan terbaru & IT untuk memaksimalkan kualitas layanan, XL Axiata akan mengalokasikan 90% dari anggaran belanja modal (Capex) tahun 2018 yang sebesar sekitar Rp 7 triliun,” pungkas Yessie D Yosetya, Direktur/Chief Service Management Officer XL Axiata.

Yessie juga menambahkan, pembangunan tahun lalu jaringan 4G LTE XL Axiata telah menjangkau 360 kota/kabupaten di berbagai wilayah di Indonesia, yang ditopang oleh lebih dari 17.000 BTS 4G dan hampir 46.000 BTS 3G. Dari total 53,5 juta pelanggan XL Axiata per-akhir tahun 2017, tercatat 72% dari total pelanggan atau 38,3 juta pelanggan telah menggunakan smartphone. Angka ini meningkat 32% dari capaian tahun lalu.

Sementara itu, jumlah pelanggan yang aktif mengkonsumsi layanan data juga telah mencapai 73%, seiring dengan terus semakin baiknya kualitas layanan Data dan pembangunan jaringan data di berbagai wilayah. Pencapaian tersebut sesuai dengan hasil yang ditunjukkan parameter Net Promoter Score (NPS) di mana terlihat peningkatan persepsi positif dari pelanggan terhadap kualitas layanan data khususnya untuk jangkauan layanan dan kekuatan sinyal.

XL Axiata berharap pembangunan jaringan data di tahun ini akan meningkatkan lagi kepuasan pelanggan. Apalagi akses pelanggan pada berbagai layanan data dengan format video, yang membutuhkan kapasitas besar, menunjukkan peningkatan yang signifikan. Penawaran paket-paket layanan yang inovatif dengan banyak manfaat yang menuai hasil sangat baik dari pelanggan. XL Axiata mendorong peningkatan trafik data di luar Jawa secara signifikan, terus berlanjut dengan penambahan infrastruktur 4G LTE.|Edo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*