Wardah dan Tren Halal di Global Market!

image

Jakarta, UrbannewsID.| Mengusung tema “Halal Lifestyle : Global Trend and Business Opportunity”, tren dan peluang industri kosmetika, makanan, pariwisata, industri hingga keuangan dari sudut pandang Halal. Menjadi perbincangan yang menarik antara pemerintah, pelaku industri dan para ahli didalamnya dimana Wardah sebagai pioneer kosmetik halal di Indonesia turut berpartipasi di ajang International Halal Lifestyle Expo & Conference 2016 yang diselenggarakan di Ciputra Artpreneur Jakarta pada tanggal 6 – 8 Oktober 2016.

Pada salah satu panel diskusi yang membahas perihal Halal Tourism and Industry, Nurhayati Subakat selaku CEO Wardah Cosmetics memaparkan mengenai perjalanan kesuksesannya dalam membangun Wardah sebagai brand kosmetik halal pertama yang sukses menangkap peluang dan membaca tren pasar. Menurutnya, pasar kosmetik di Indonesia menempati urutan ke-2 setelah Thailand dalam lingkup ASEAN, dengan pendapatan sebesar 3,257 miliar USD atau 23,26% dari pasar ASEAN. Hal ini menjadikan pasar kosmetik di Indonesia menjadi pasar yang menarik dan menguntungkan.

Berdasarkan skema pembangunan nasional yang tercantum dalam UUD No. 3/2014, industri kosmetika merupakan salah satu industri andalan di Indonesia. Para pelaku industri kosmetika semakin yakin dan percaya diri untuk mengembangkan bisnis kosmetika halal, karena adanya dukungan dari Pemerintah. Menurutnya Nurhayati Subakat, “Bisnis kosmetika yang dijalankannya lewat brand Wardah dengan konsep halalnya, tidak hanya hanya menyasar pada para perempuan muslimah di Indonesia, akan tetapi konsep Wardah sebagai brand kosmetika lalal memiliki arti secara global bahwa halal berarti alami dan aman, sejalan dengan filosofi Wardah “Pure & Safe” yang selalu menggunakan bahan natural, alami dan aman untuk digunakan,” jelasnya.

Lanjutnya, perjalanan brand Wardah tidak hanya mengandalkan label halal pada produknya, akan tetapi hal terpenting lainnya adalah pengembangan yang dilakukan pada berbagai sektor. “Kami selalu berupaya melakukan inovasi berkelanjutan mulai dari penemuan teknologi terbaru, layanan pelanggan hingga pada pengembangan sumber daya manusia yang kami miliki. Kami percaya bahwa semua elemen-elemen tersebut saling berkaitan sehingga dengan memaksimalkan elemen-elemen tersebut menciptakan brand kosmetik yang diminati oleh konsumen,” ujarnya.

Wardah senantiasa menjawab kebutuhan-kebutuhan konsumen hingga saat ini, dan memiliki tiga prinsip yang diterapkan, yaitu identifikasi kebutuhan konsumen yang belum terpenuhi, memprediksi tren yang akan berkembang dan menciptakan teknologi terbaru. Prinsip-prinsip tersebutlah yang menjadikan Wardah sebagai satu-satunya perusahaan asal Indonesia yang masuk ke dalam salah satu Global Fastest Growing Brand tahun 2014-2015 dengan rentang pertumbuhan (20% – 100% pertumbuhan) menurut Euromonitor International InCosmetics Paris 2016. “Pengakuan dari dunia internasional seperti inilah yang semakin meneguhkan komitmen dalam menghadirkan produk alami / halal yang terbaik bagi semua konsumen kami.”|Edo (Foto Istimewa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*