Tunjukan Kreativitasmu di UnYUZUal Trip Film Festival

Ilustrasi Syuting di Alam Terbuka-800x531-600x398

UrbannewsID Film | Satu foto bisa saja berisi beragam cerita. Foto juga merupakan gambaran sebuah momen yang bisa membangkitkan memori kapan saja dilihat. Tak hanya foto saya rasa, ada pula rekaman suara maupun video. Semua sama saja, merupakan sebuah media yang berguna membangkitkan memori sebuah momen. Dari hal sederhana hingga yang penting sekalipun.

Kini era teknologi makin berkembang. Di era digital saat ini, perjalanan kehidupan seolah terekam dengan baik dengan cara memotret ataupun merekam segala yang ingin kita abadikan. Kemudian tergantung dengan kemauan kita apakah sekedar menyimpan atau berbagi dengan yang lain, kemampuan ponsel yang senantiasa terhubung dengan internet telah mampu mengakomodirnya.

Trend rekam jejak sebuah perjalanan wisata atau petualangan menjelajahi kekayaan alam dan budaya Indonesia saat ini, terlebih lagi dikalangan nitizen, kerap kita jumpai di sosial media. Berbagi kisah petualangan begaya kekinian bagi generasi millenial dalam bentuk audio visual, menjadi sarana ekspresi tanpa batas. Banyak kisah dan cerita menarik yang luput dari perhatian kita.

Fenomena positif ini akhirnya menginspirasi digelarnya festival film pendek bertajuk “UnYUZUal Trip Film Festival”. Sebagai sebuah festival film, kehadirannya dimaksud untuk memberikan ruang berkarya sekaligus bentuk apresiasi terhadap kreativitas generasi muda dalam pendokumentasian petualangannya menjelajahi indahnya Indonesia. Dan, atau semacam literasi digital spot-spot alam nusantara.

Ita Sembiring, Produser UnYUZUal Trip Film Festival mengatakan, festival ini terinspirasi dari generasi muda yang punya semangat positif saling berbagi cerita tentang berbagai tempat di pelosok-pelosok Indonesia yang keindahan alamnya luar biasa. “UnYUZUal Trip Film Festival adalah wadah bagi para petualang berjiwa muda, dan menantang mereka untuk berkreasi menjadi sebuah karya film pendek,” tukas Ita.

Ita menambahkan, karya-karya mereka selama ini baru sebatas tersalurkan melalui ruang-ruang di sosial media. Belum banyak apresiasi yang diberikan sebagai bentuk penghargaan dan penyemangat kreator-kreator muda ini untuk terus berkarya lebih baik lagi. Padahal, trend positif yang dibangun lewat karya audio visual ini memiliki peran penting dalam mendorong perkembangan sektor pariwisata Indonesia.

Sementara, Brand Manager YUZU Tea Yose Moriza menuturkan, film pendek merupakan sarana yang sangat efektif dan digemari generasi muda saat ini untuk berbagi cerita tentang eksplorasi keindahan Indonesia. “Kami ingin berbagi semangat dengan generasi muda yang ingin mengembangkan kreativitas mereka melalui film pendek. Mereka tidak sekedar menuangkan cerita dan ide, tapi juga mengekspresikan kecintaan terhadap Tanah Air Indonesia,” ujar Yose Moriza.

Menurut Yose, YUZU TEA sebagai penyelenggara dari event ini berkomitmen mendukung insan-insan kreatif yang fokus dengan ide dan karya mereka serta mewujudkannya juga dengan cara-cara yang tak biasa (UnYUZUal). Dengan total hadiah senilai Rp 25 juta, UnYUZUal Trip Film Festival semakin bergengsi karena melibatkan sejumlah juri yang merupakan sineas dan aktor film kenamaan.

Mereka yang duduk sebagai juri adalah; Darius Sinathrya (aktor Indonesia), Leonard Anthony (travel blogger Indonesia), dan Kamila Andini (sutradara Indonesia). Persyaratan harus dipenuhi untuk mengikuti kompetisi ini, yakni warga negara Indonesia berusia minimal 17 tahun, memiliki kartu identitas diri yang masih berlaku seperti kartu pelajar, KTP, SIM atau paspor, serta memiliki akun Yotube pribadi.

Untuk persyaratan teknisnya, setiap film yang disubmit harus berdurasi 3-5 menit (termasuk opening dan credit title) bertema “Menemukan Indonesia”. Genre filmnya bisa video dokumenter, video non fiksi, atau video travel. Format video harus MP4, HD dengan resolusi 1920 x 1080 px. Setiap karya harus orisinil dan belum pernah dipublikasikan secara komersil. Tidak sedang mengikuti perlombaan di tempat lain, dan tidak terikat status kontrak dengan pihak lain.

Untuk informasi lebih detail, peserta dapat mengakses www.yuzu.co.id/UnYUZUalTrip dan kemudian mengisi formulir pendaftaran. Sebelumnya, setiap peserta harus lebih dulu mengunggah video tersebut ke akun Youtube-nya dan mengatur privacy setting di channel Youtube dengan mode unlisted. Link video yang telah diunggah tersebut kemudian dilampirkan dalam formulir pendaftaran di www.yuzu.co.id/UnYUZUalTrip.

Peserta juga boleh mengangkat lebih dari satu tempat wisata alam di Indonesia dengan tahun pembuatan/produksi video minimal 2016.|Edo

Info lebih lengkapnya, seperti terlampir dibawah ini.

Persyaratan Peserta:
1. Peserta merupakan Warga Negara Indonesia.
2. Peserta berusia 17+ tahun dan memiliki kartu identitas diri yang masih berlaku (Kartu Pelajar/KTP/SIM/Paspor) yang wajib diperhatikan pada saat verifikasi pemenang.
3. Peserta memiliki akun pribadi di situs berbagi Youtube.
4. Peserta harus mengisi formulir pendaftaran melalui website www.yuzu.co.id/UnYUZUalTrip.

Mekanisme:
1. Subscribe Youtube/follow Instagram/ like Facebook page YUZU Indonesia.
2. Durasi film pendek berkisar 3 – 5 menit termasuk opening dan credit title. Setiap peserta hanya boleh mengirimkan satu karya.
3. Karya yang dikirimkan harus bertema: MENEMUKAN INDONESIA dengan referensi genre: dokumenter / non fiksi / travel video.
4. Peserta diperbolehkan mengangkat tempat wisata alam yang ada di Indonesia lebih dari 1 (satu) dan tahun pembuatan/produksi video minimal dari tahun 2016.
5. Karya dikirimkan dalam bentuk soft copy dengan format MP4, kualitas HD, resolusi 1920 x 1080px.
6. Upload video kamu di channel Youtube kamu dan wajib mengubah mode pengaturan menjadi unlisted.
7. Isi data/formulir pendaftaran melalui website www.yuzu.co.id/UnYUZUalTrip dan masukkan link video yang sudah di-unlisted ke dalam formulir pendaftaran.
8. Karya harus asli, belum pernah diikutsertakan atau dipublikasikan untuk keperluan komersil. Bebas dari setiap kontrak atau ikatan lain dan tidak sedang dalam status mengikuti perlombakan di tempat lain.

Periode dan Hadiah:
1. Kompetisi UnYUZUal Trip Film Festival berlangsung pada tanggal 29 Januari s/d 31 Maret 2018.
2. Peserta yang lolos 10 nominasi terpilih akan diumumkan melalui Facebook, Instagram atau Website YUZU Indonesia pada 13 April 2018.
3. Total hadiah senilai Rp 25 juta dengan rincian sebagai berikut; Hadiah Juara 1 Rp 10.000.000,, Hadiah Juara 2 Rp 7.500.000,-, Hadiah Juara 3 Rp 5.000.000,-, dan Hadiah Juara Favorit Rp 2.500.000,-

Tahap Penjurian:
1. Panitia akan menyeleksi sepuluh (10) film pendek terbaik yang akan di upload di Youtube channel UnYUZUal Film Festival.
2. Panitia akan mencari satu (1) pemenang kategori film terfavorit melalui viewer terbanyak di situs berbagi Youtube UnYUZUal Trip Channel.
3. Mencari tiga (3) pemenang terbaik melalui seleksi dewan juri.

Unsur Penilaian:
1. Orisinalitas dan konsep ide
2. Kelengkapan informasi
3. Sinematografi dan teknik produksi
4. Kesesuaian tema

Ketentuan Lainnya:
1. Karya tidak bertentangan dengan undang-undang yang berlaku di Indonesia. Karya tidak diperkenankan mengandung unsur-unsur asusila, kekerasan, pornografi dan SARA.
2. Ketentuan hak cipta juga mencakup musik, lagu dan materi lain seperti grafis dan sejenisnya.
3. Hak cipta karya menjadi milik peserta, tetapi penyelenggara berhak atas hak siar dan dapat menggunakan karya tersebut secara utuh maupun sebagian.
4. Pihak penyelenggara berhak membatalkan dan menarik penghargaan serta hadiah yang sudah diberikan jika di kemudian hari ditemukan bukti keaslian karya pemenang merupakan karya plagiat atau diragukan keasliannya.
5. Pihak penyelenggara berhak membatalkan dan menarik predikat dan hadiah apabila di kemudian hari terdapat gugatan soal hak cipta. Penyelenggara tidak bertanggung jawab atas atas hal tersebut sebab berasumsi bahwa semua karya peserta adalah orisinal.
6. Jika terpilih menjadi 10 nominasi, peserta wajib mengirimkan video asli ke pihak panitia

Waktu Perlombaan:
1. Pendaftaran: 29 Jan – 31 Mar 2018
2. Penerimaan Karya: 29 Jan – 31 Mar 2018
3. Pengumuman pemenang: 13 Apr 2018

Alamat Pengiriman Karya:
Isi formulir yang ada di websitenya, lalu langsung submit videonya ke http://www.yuzu.co.id/UnyuzualTrip/join

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*