Tips Merawat Kecantikan Oleh dr. Ayu Widyaningrum

20181031_071448-800x586-600x440

UrbannewsID Beauty | Kecantikan merupakan sesuatu yang sangat melekat bagi kaum wanita. Cantik itu sendiri didefinisikan sebagai suatu yang indah dan menarik. Disamping itu, kecantikan yang dimiliki seorang wanita menambah percaya diri, dan dapat pula membantu dirinya untuk terus diakui di lingkungan masyarakat. Sehingga tidak dapat dipungkiri, membuat kaum wanita berlomba-lomba untuk menjadi cantik yang sempurna dan penting.

Tidak heran, jika mereka melakukan perawatan di klinik kecantikan sebagai salah satu bentuk untuk menjaga penampilan mereka agar tetap cantik. Namun memilih metode atau cara merawat kecantikan tetap harus hati-hati, jika salah dalam perawatan bisa berakibat fatal. Baiknya, perawatan di klinik kecantikan harus ada dokter spesialis kecantikan yang dapat dipertanggungjawabkan.

dr. Ayu Widyaningrum, MM, pemilik Widya Estetic Clinic, mengingatkan, maraknya tindakan mempercantik diri secara instan di klinik estetika atau yang kerap disebut klinik kecantikan, apabila tidak ditangani oleh ahlinya sangatlah beresiko. Menurut dr. Ayu, resiko itu bisa berupa efek samping, hingga kerusakan pada kulit dan wajah.

“Sebaiknya, bagi siapa saja yang ingin mempercantik wajah lewat tindakan di klinik kecantikan, memperhatikan sebuah syarat penting yaitu ditangani seorang ahli atau bukan. Pastikan dokter yang melakukan tindakan, adalah dokter yang memiliki Surat Izin Praktek (SIP) dokter. Perhatikan pula fotonya di SIP sama dengan dokter yang ada di depan kita. Jangan mau ditangani oleh orang yang berbeda, apalagi oleh perawat,” jelas Ayu Widyaningrum saat ditemui di Jakarta, Minggu (28/10).

Selain itu, dr. Ayu Widyaningrum meminta pemerintah dalam hal ini Departemen Kesehatan (Depkes), dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) bekerjasama menciptakan regulasi yang ketat terkait praktek klinik-klinik kecantikan yang marak belakangan ini. “Depkes dan IDI harus bertindak tegas, kalau tidak akan berbahaya bagi pasien yang awam,” tandas pemilik klinik kecantikan di Banjarmasin ini.

Terkait dengan tren permintaan pasien di klinik kecantikan belakangan ini, dr Ayu menyebut permintaan terbesar adalah meniruskan wajah. “Mereka rata-rata minta meniruskan wajah. Tentu saja sesuai dengan rekomendasi dari kami sebagai dokter. Harus lewat proses konsultasi dulu,” ucapnya.

Tapi, menurut dokter cantik (biasa disapa :red) yang satu ini, tidak menampik jika ada beberapa pasien yang ‘ngeyel’ ingin melakukan tindakan sesuai keinginannya sendiri, dan tak mengindahkan saran dirinya sebagai dokter. “Kalau sudah kita kasih saran tapi masih ngeyel, ya paling mereka harus bikin surat pernyataan agar kita tak disalahkan di belakang hari jika hasilnya tak sesuai,” tandas dr. Ayu.|Irish (Foto Istimewa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*