“Terbang, Menembus Langit”, Film Inspiratif Perjuangan Oggy Winata

image

Fajar Nugros, Susanti Dewi, Oggy Winata, dan sejumlah pemain film ‘Terbang, Menembus Langit’, foto bersama Ibu Sinta Nuriyah Wahid, istri Presiden Indonesia keempat Abdurrahman Wahid, usai nonton bareng di XXI Kemang Village, Jakarta Selatan, Senin (16/4/2018).

Jakarta, UrbannewsID.com | Ide sebuah cerita muncul kapan saja dan dari mana saja, bisa dari melihat, mendengar, membaca, atau bahkan merasakan serta mengalaminya sendiri. Biasanya, ide ini kemudian diterjemahkan kedalaman sebuah karya tulisan, baik itu bentuknya buku harian [diary], biografi, novel, atau bisa pula sebuah skenario yang nantinya diejawantahkan menjadi produk film. Dari ide cerita menjadi sebuah karya yang dituangkan kedalaman ragam medium ini, intinya sama, yakni berbagi kisah inspiratif untuk semua orang.

Seperti “Terbang, Menembus Langit” karya film Fajar Nugros yang ditulis sekaligus sutradarainya, bersama sahabatnya Susanti Dewi selaku produser. Memotret dan memvisualkan perjuangan hidup seorang pria Tionghoa bernama Oggy Winata [diperankan Dion Wiyoko], dengan segala tantangan dan harapan meraih mimpi yang datang silih berganti, baik tatkala tinggal bersama kedua orang tua dan saudaranya di Tarakan, Kalimantan, berlanjut pindah ke Surabaya yang kemudian mendapatkan istri [diperankan Laura Basuki], dan akhirnya ke Jakarta, yang menemaninya di kala sedih maupun senang.

‘Terbang, Menembus Langit’ film biopik perdananya ini, Fajar Nugros nampaknya ingin mengatakan jika seseorang mempunyai tekad yang kuat untuk merubah jalan hidupnya, maka semua menjadi mungkin berubah. Walau film drama ini berjalan terasa lambat, kesan yang dapat ditangkap yakni jangan pernah takut keluar untuk menembus tembok besar yang mengukungnya. Apalagi, sebagai minoritas yang memiliki hak sama hidup dinegeri sendiri sejak lahir kesampingkan seolah tidak bisa berbuat apa-apa dan masa depan seolah suram.

“Kami hanya ingin mengatakan, bahwa kehidupan memang menjadi sumber cerita yang sangat menarik, dan tak pernah habis untuk dikupas. Banyak kisah tersembunyi di dalamnya, termasuk bahwa hidup adalah perjuangan. Termasuk, cerita pembuatan film ini pun penuh perjuangan manakala kita butuh waktu 7 hari untuk memboyong peralatan syuting dari Surabaya ke Tarakan di Kalimantan. Walau Tarakan cukup jauh, tapi setelah sampai disana sungguh indah. Oleh karenanya, kami memutuskan untuk mengangkat kisah ini dalam film ini,” pungkas Susanti Dewi, usai nonton bareng di XXI Kemang Village, Jakarta, Senin (16/4) siang.

Film ‘Terbang, Menembus Langit’ produksi Demi Istri Production yang akan rilis di bioskop pada 19 April 2018. Selain diperankan Dion Wiyoko dan Laura Basuki sebagai tokoh sentral, didukung pula banyak bintang lainnya seperti Baim Wong, Delon Thamrin, Chew Kin Wah, Aline Adita, Melisa Karim, Dinda Hauw, Marcel Darwin, Dayu Wijanto, Indra Jegel, Fajar Nugra, Mamat Alkatiri, dan Erick Estrada. Sementara, untuk memberikan nafas cerita film yang berliku ini, sebuah lagu berjudul “Terbang” karya sekaligus dinyanyikan Once Mekel yang liriknya oleh Susanti menjadi themesong film ini. “Ya, semoga saja film ini bisa menginpirasi banyak orang tentang arti perjuangan,” tukas Fajar Nugros, penuh harap.|Edo (Foto Dudut SP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*