Single Nirdiyee, Kenekatan Fardhan Zee Nyanyi Lagu India!

image

UrbannewsID Musik | Fardhan Zee menunjukan keseriusannya bermusik, setelah lama vakum dari hingar bingar panggung hiburan tanah air. Lewat mini album ‘Tulusku’ berisikan lima single ciptaannya sendiri yang dirilis pada tahun 2018 ini, Fardhan ingin meyakinkan bahwa ia mampu berkiprah kembali di ranah musik yang ditinggalkannya.

Setelah sebelumnya, Fardhan memperkenalkan single ‘Keyakinan Hati’ yang diambil dari mini albumnya. Pria yang pernah menadi model videoklip beberapa penyanyi ini, Jumat (12/4) sore di Comedy Café Thamrin City, Jakarta, Fardhan kembali memperkenalkan single terbarunya ‘Nirdiyee’ berbahasa India. Dalam single ke-6 sebagai bonus track mini albumnya, ia tidak sendiri, tapi berkolaborasi dengan selebgram Lina Mukherjee.

Lagu Nirdiyee yang diciptakan Fardhan ini, awalnya berbahasa Indonesia. Sebagai penyanyi yang masuk di genre dangdut, ia ingin uji kemampuan sekaligus mencoba sesuatu yang baru. Berkat Lina Mukherjee yang terkenal dikalangan artis Bollywood, lirik lagu Fardhan diterjemahkan ke bahasa India. “Prosesnya ternyata cukup lama juga, mungkin sekitar empat sampai lima kali revisi untuk mendapatkan hasil yang baik,” jelas Fardhan.

Single Nirdiyee yang sudah dibuatkan video klipnya dengan lokasi syuting di Bali. Lina Mukherjee yang juga ikut menjadi model video klipnya, sebagai selebgram yang punya jaringan dan juga follower cukup banyak khususnya di India, akan membantu single Fardhan ini untuk diperkenalkan kepada mereka. “Lagu Nirdiyee berbahasa India yang dilantunkan Fardhan ini, layak diperkenalkan di India, disamping di negeri sendiri tentunya,” pungkas Lina.

Fardhan kelahiran Cianjur yang kini lebih suka menetap di Bali, kini bersiap kembali menembus hutan rimba industri musik yang pernah membawanya dua kali gagal merebut persaingan dunia tarik suara. Sekedar catatan, memasuki industri musik saat ini tidak hanya bermodalkan nekat, lagu dan suara bagus, atau keberanian bertarung untuk merebut hati pecinta musik, tapi juga butuh strategi promosi jitu dan amunisi [financial] yang kuat, agar bisa berkumandang dimana-mana.|Edo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*