Para Musisi IKI dan KICI Hibur Korban Banjir Bandang Garut

image

Jakarta, UrbannewsID.| Para musisi yang tergabung dalam komunitas IKI (Indonesia Kita) dan Komunitas Ibu Cerdas Indonesia (KICI) serta Lion KICI, menghibur sekaligus menyumbangkan donasi untuk meringankan beban mental warga atas musibah banjir bandang di Garut yang menelan korban jiwa dan harta benda, di pengungsian.

“Kami ingin meringankan beban warga dengan cara menghibur dan memberi bantuan, yang sebagian dari penggalangan dana “Pray for Garut” yang kami adakan di Dimsum Cafe milik Sofyan Ali dibantu DSS production,” kata Renny Djajoesman di posko pengungsian korban banjir bandang di Garut, Kamis (29/9).

image

Renny menambahkan, IKI yang beranggotakan seniman musik beberapa kali menggelar aksi sosial. Bukan cuma seniman yang sakit tapi juga warga korban musibah kami bantu. Dana yang kami dapat berasal dari saweran dan kegiatan pentas musik, juga dari kerelaan teman-teman menyisihkan 10% dari honornya setiap tampil atau show.

Bens Leo bersama lady rocker era 80an Sylvia Saartje adalah otak dibalik acara ini, menuturkan, selain memberi baju, seragam sekolah, susu, dan berbagai keperluan sehari-hari, termasuk uang donasi, pengungsi juga dihibur dengan lagu-lagu. Menurut Bens Leo, korban banjir bandang tidak saja membutuhkan bantuan materiil tapi juga moril.

image

Bens Leo merasakan nestapa korban banjir bandang di Garut karena pernah mengalami hal yang sama. “Rumah saya pernah kena arus banjir Situ Gintung tahun 2009. Ada 80 orang meninggal. Saya sangat memahami nestapa masyarakat Garut. Sehingga tergerak menghubungi teman-teman di IKI dan KICI untuk mengadakan acara ini,” kata Bens Leo.

Sementara itu, Indah Soekotjo dari KICI mengatakan aksi peduli Garut merupakan bagian program, selain juga membantu bidang pendidikan, kesenian dan kebudayaan di daerah yang membutuhkan. “KICI dan IKI punya spirit yang sama jadi kami jalan bersama-sama ke tempat ini,” papar Indah Soekotjo.

image

Di dua lokasi pengungsian, warga pun sangat terhibur dan larut dalam kegembiraan bersama. Jelly Tobing dan Estu Pradhana yang bermain gitar diiringi tabuhan gendang Jon Arif Kopi Rock, dengan lagu-lagu yang dinyanyikan bersama Renny Djajoesman, Mel Shandy, Iwan Sanjoyo, Sylvia Saartje, Berry Saint Loco, Gema Leo, dan lain-lain.

image

Banjir bandang di Garut berasal dari aliran sungai-sungai kecil yang menyatu dengan cepat ke Sungai Cimacan dua pekan silam. Menurut Suherman, Staf Ahli Bupati Garut bidang Polhukam yang mewakili Bupati Garut Rudy Gunawan saat menerima rombongan IKI dan KICI di rumah dinas bupati Garut. Seluruh korban yang selamat ditempatkan di dua posko pengungsian yaitu di Rumah Susun Desa Mangkurat, Kec. Cilawu dan di posko Korem 062 Tarumanegara.|Edo (sum: Imam/KF)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*