Nusantara is My Country, Pas Jadi Judul Album Anyar Tantowi Yahya

image

UrbannewsID Musik | Sebagai pembawa acara terkenal, host dibeberapa program top televisi, dan satu-satunya ikon musik country di Indonesia, sejak hijrah ke panggung politik sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat hingga menjadi Duta Besar New Zealand, Tantowi Yahya praktis meninggalkan dunia hiburan yang melambungkan namanya. Seluruh perhatian dan aktifitasnya selama kurun waktu lima tahun, sejak meluncurkan album terakhir bertajuk ‘Sing Evergreens’ pada tahun 2013, dicurahkan untuk kepentingan bangsa dan negara.

Tapi, dalam perjalanan kehidupan selalu ada linimasa, atau garis waktu yang berputar ketitik yang sama yakni sebuah kenangan indah masa lalu. Seperti pribahasa ‘Sejauh apapun merpati terbang, dia selalu tau kemana arah pulang’, nampaknya sangat pas menggambarkan hasrat dan keinginan Tantowi Yahya yang menggebu untuk kembali bermusik. Dan, hari Minggu (18/2) siang di Jakarta, ia buktikan lewat karya ‘Best of The Best’ yang segera diluncurkan dalam waktu dekat. Album yang tertunda cukup lama ini, berisikan 15 lagu-3 diantaranya lagu baru, dan 7 lagu versi duet bersama Once Mekel, Katon Bagaskara, lkke Nurjanah, Andre Hehanusa, alm Benny Panjaitan dan sang adik Helmy Yahya.

“Merilis album ini, bagian dari merawat di bidang yang kita sukai yakni musik, sekaligus memenuhi kekangenan para pecinta musik country di Indonesia. Memang cukup lama saya siapkan, terutama pilihan materi, proses produksi yang hasilnya benar-benar mumpuni, termasuk mencari partner duet yang klop dengan karakter beda. Makanya, ada beberapa hits legenda, dan juga yang baru, saya tampilkan dengan nuansa kekinian. Jadi semacam membawa irisan masa lalu saya hadirkan ke masa kini. ” ungkap lelaki kelahiran Palembang, 29 Oktober yang kini bermukim di Wellington, Selandia Baru.

Di bawah record label Ceepee Productions yang belasan tahun dibangunya, dan menjadi hunian musisi handal Indonesia. Tantowi Yahya dalam album terbarunya ini menggadeng sobatnya, Erwin Gutawa, untuk menggarap arransemen musik dua lagu dengan balutan orkestrasi. Selain itu, ada juga garapan seorang arranger andalan Tantowi yakni Ricky Pangkerego. Ada catatan menarik album best of the best terbaru Tantowi yang diperkirakan rampung dan akan dirilis bulan Maret 2018, yakni Tantowi menggandeng Ikke Nurjanah penyanyi dangdut Sebagai teman duetnya mengisi sebuah lagu berjudul Making Believe karya Bee Gees yang legendaris, untuk memberi sedikit cengkok dangdut.

Kemudian pada lagu Tak Sendiri Lagi, Tantowi menyanyikannya bersama Vokalis group musik KLa Project, Katon Bagaskara. Menarik lainnya, kehadiran Once Mekel yang Identik sebagai penyanyi rock, ikut terlibat sebagai rekan duet Dalam lagu Nusantara karya Yok Koeswoyo. Kehadiran Once di lagu tersebut, membawa musik country rasa rock. Dan, lagu Nusantara ini menjadi lagu pamungkas serta unggulan dari rangkai lagu lainnya, sekaligus menjadi identitas musik country Indonesia. Bukan cuma itu, nampaknya judul lagu tersebut akan menjadi nama album dengan imbuhan is my country, atau lengkapnya Nusantara is My Country.

Jika nama albumnya nanti menggunakan Nusantara is My Country, akan menyiratkan banyak makan di dalamnya. Tantowi Yahya sebagai ambassador yang mewakili Indonesia di negara lain, selain bertugas menjalin persahabatan antar kedua negara, tapi juga memperkenalkan keragaman dan kekayaan Nusantara, baik alam, manusia dan warisan budaya yang membentang dari Sabang hingga Merauke. Hubungan internasional bukan saja dilakukan secara bilateral yang menyangkut politik-ekonomi, tapi juga bisa melalui dialog budaya, salah satunya lewat musik. Nusantara is My Country sangat pas disuarakan Tantowi Yahya karena kedudukannya sebagai duta besar, dan country adalah genre musik yang dipilihnya.|Edo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*