Memasuki Usia 56 Tahun, TVRI Semakin Bersolek!

IMG_20180821_191750-800x547-600x410

UrbannewsID Televisi | Sebagai media penyiaran publik ditengah era teknologi digital yang terus berlari cepat’, Televisi Republik Indonesia atau disingkat TVRI, tidak bisa lagi terus mengenang dan bercumbu dengan kejayaan masa lalu, ketika masih bersifat tunggal tanpa pesaing. Memasuki usia 56 Tahun pada tanggal 24 Agustus 2018 nanti, nampaknya TVRI harus cepat keluar dari problem historis tersebut kemudian berani merubah tata kelola lembaga yang lebih modern, transparan dan akuntabel.

Sesuai dengan tren teknologi komunikasi dan telekomunikasi yang selalu berkembang, dimana dengan sangat cepat merubah perilaku seseorang, terlebih cara mengkonsumsi informasi bagi kaum mellanial, plus iklim persaingan media massa yang selalu ada. TVRI sepatutnya sudah mulai bersolek menyelenggarakan layanan siaran multiplatfrom yang berkualitas dan berdaya saing. Kalau tidak, akan semakin jauh tertinggal dan akan semakin sulit menjangkau kalangan anak muda.

“TVRI terus berupaya merubah diri, tidak lagi menampilkan kesan tua dan ketinggalan jaman. Saya mencoba memperbaikinya secara perlahan wajah maupun warna baru menuju era televisi masa kini. Peningkatan kualitas tayangan baru yang mendidik dan sarat akan konten positif, termasuk siaran dari analog menuju televisi digital dengan kualitas gambar yang tajam dan jelas. Seperti hari ini, saya ingin memperkenalkan seragam TVRI kini berwarna hitam,” jelas Helmi Yahya, Dirut TVRI, yang baru menjabat sembilan bulanan.

Bertepatan dengan HUT RI ke-73, dan Indonesia menjadi tuan rumah gelaran Asian Games ke-18, tahun 2018 ini, menjadi moment penting bagi TVRI untuk merayakan ulang tahun ke-56 nya. Rangkaian acara pun digelar, mulai dari kegiatan touring bikers bertajuk ‘Touring Tanah Air HUT TVRI’ yang bekerjasama dengan Musaflr Bikers di mulai sejak tanggal 10 Agustus Ialu, dibagi menjadi 6 Tim akan menjelajahi sekitar 7300 km sebagian besar wilayah Indonesia (Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, NTT, Bali & NTB serta Jawa).

TVRI yang berkomitmen menjaga keutuhan bangsa (Menyatukan Indonesia). Touring ini membawa Bendera Merah Putih dan Bendera TVRI yang dipimpin oleh Agus Rustamaji dari Musaflr Bikers yang diikuti juga oleh bikers nasional dan daerah. Mereka tidak sekedar mampir ke beberapa TVRI Stasiun Penyiaran Daerah seperti di Pontianak, Palangkaraya, Banjarmasin, Manado, Gorontalo, Makassar, Bali serta NTB Lombok. Tapi sesuai dengan misi TVRI, bikers-bikers ini akan menyalurkan donasi bagi saudara-saudara kita yang sedang diuji dengan bencana gempa bumi.

Puncaknya Tim Bikers Touring Tanah Air ini akan bertemu pada tanggal 24 Agustus 2018 di Balai Sarbini Jakarta, tempat digelar Malam Puncak HUT ke-56 TVRI untuk menyerahkan Bendera Merah Putih dan Bendera TVRI Stasiun Penyiaran Daerah yang disinggahi. Salain itu, bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia, kegiatan sosial seperti donor darah dan juga khitanan massal kami adakan pada Hari Selasa, 21 Agustus 2018 mulai pukul 08.00 WIB bertempat di TVRI Senayan Jakarta.

Malam puncak yang digelar hari Jum’at, 24 Agustus 2018, dari Balai Sarbini Jakarta. TVRI akan menyajikan Konser Musik bertajuk ‘56 Tahun Menyatukan Indonesia’ ini akan dimulai pada pukul 19.30 WIB live selama 5 jam yang dimeriahkan oleh D’Masiv, Krisdayanti, The Rollies, Once, Putri Ayu, Tantowi Yahya, Sanggar Bertha, Purwacaraka Children Choir, Komika pemain Ria Jenaka Milenial (Gibas, Babe Cabita, Arief Didu dan Mamat Papua), Ira Swara, dll.

Konser musik dengan orkestra Astrid Lea yang akan mengiringi penyanyi membawakan lagu-lagu nasional sebagai penyemangat, acara ini akan dipadu Gilang Dirga, Theo Daniel, Farhan, Andea Lee dan Rina Pahlevi sebagai MC. Acara ini mengundang sejumlah petinggi negara serta orang-orang yang berjasa atas berdiri dan tetap eksisnya TVRI. Dalam acara puncak perayaan ini juga diadakan Malam Penganugerahan bagi insan TVRI “Gatra Kencana 2018”, penghargaan ini sebagai penyemangat bagi insan TVRI Daerah agar selalu memberikan karya terbaiknya untuk TVRI.

Dalam media conference di Lobby GPO TVRI Senayan, Selasa (21/8) sore, diadakan juga penandatangan MOU antara TVRI dengan Good News From Indonesia (GNFI), TVRI akan bekerjasama dalam bidang program untuk menyebarkan konten positif dan menginspirasi yang datang dari Indonesia. Menurut Apni Jaya Putra, Direktur Program dan Berita LPP TVRI, program ini diharapkan akan menjadi gerakan di mana publik yang berasal dari berbagai kalangan terdorong untuk merekam berbagai aktivitas yang mencerminkan bahwa di Indonesia memiliki banyak hal positif yang layak dibagikan dan dibanggakan.|Edo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*