Kulari Ke Pantai, Menyatukan Film & Musik Anak!

IMG_20180624_125223-800x637-600x478

UrbannewsID Film | Menyaksikan sebuah film, khususnya layar lebar, luangkan waktu barang sejenak untuk lebih fokus memperhatikan secara detail setiap elemen yang melekat di dalamnya. Baik itu cerita atau kisahnya, akting para pemainnya, sinematografinya, tempat dan atmosfirnya, termasuk juga musiknya [scoring atau soundtrack] menjadi salah satu poin penting yang turut membangun emosi guna memperkuat keseluruhan cerita.

Musik dalam tatanan sebuah film, salah satu elemen perberi roh agar film itu hidup dan bernyawa. Kehadiran musik bukan sekedar tempelan, tapi menyatu dalam raga cerita. Bahkan, musik tema film yang baik mampu menstimuli otak penontonnya akan filmnya ketika di dengarkan saja. Misal; musik khas film The Pink Panther rilisan tahun 1963 yang juga dipakai di film Warkop, atau paling melegenda musik tema khas Mission Impossible.

Karena terbukti, jika musik merupakan bagian penting dalam sebuah film. Tidaklah heran, duo sineas Indonesia yakni Mira Lesmana dan Riri Riza, selalu menempatkan musik sebagai elemen yang seiring sejalan dalam karya film garapannya. Kita masih ingat film Petualang Sherina atau Laskar Pelangi yang sangat booming, misalnya. Musik filmnya bukan saja menjadi debut album Sherina kala itu, masih menjadi inspirasi. Bahkan bulan Februari lalu, dibuat pertunjukan drama musikal petualang Sherina.

POSTER_KKP-232x332

Termasuk dalam film anak-anak terbaru garapan mereka berdua berjudul ‘Kulari Ke Pantai’, yang akan serentak tayang diseluruh bioskop pada 28 Juni 2018 mendatang. Mira Lesmana selaku produser dan Riri Reza sebagai sutradara, menggaet grup musik RAN dengan lagu hits-nya ‘Selamat Pagi’ sebagai soundtrack, yang diaransemen ulang dan dinyanyikan bersama dua aktor cilik pemeran utama filmnya, Maisha Kanna dan Lilli Latisha.

Tidak hanya satu lagu. Selain ‘Selamat Pagi’, RAN yang juga dipercaya menyanyikannya, membuat theme song sesuai judul filmnya ‘Kulari Ke Pantai’, ‘Hijau Dan Biru’, serta ‘Gemilang’ yang di populerkan oleh Krakatau Band, karya Dwiki Dharmawan & Mira Lesmana. Berikutnya, bertengger pula sebuah lagu ‘Ibuku Cantik’ karya Grup Numata dan Mira Lesmana yang dibawakan oleh Maisha Kanna. Dan, lagu berjudul ‘Mau Apa’ yang diciptakan sekaligus dinyanyikan Suku_Dani.

“Kita tidak saja kekurangan film anak-anak, tapi juga musik anak. Maka, saya tidak lupa memasukan musik anak dalam karya film terbaru Kulari Ke Pantai. Saya sangat suka lagu Selamat Pagi, hits RAN di tahun 2007. Ketika itu, saya membayangkan ingin mendaur ulang sebuah lagu yang pernah terkenal, ceria dan sesuai dengan spirit film Kulari KE Pantai. Dan, yang terbayang adalah suara RAN menyanyikan lagu Selamat Pagi bersama para pemain cilik film kami yang memang keren-keren suaranya,” tukas Mira Lesmana, Jumat (22/6) di Epicentrum, saat press screening.

Lagu-lagu yang menjadi soundtrack film Kulari Ke Pantai, yang sudah dibuatkan albumnya, dan ada pula video klipnya ini. Membungkus kisah petualangan Sam (Maisha Kanna), si anak pantai asal Rote-NTT, bersama Ibunya, Uci (Marsha Timothy), dan juga sepupu Sam, Happy (Lilli Latisha), lewat perjalanan darat sejauh lebih dari 1.000 km dari Jakarta ke Banyuwangi, untuk menemui surfer idola Sam di pantai G-Land. Berbagai situasi tak terduga muncul dan berbagai karakter unik dan lucu mereka temui dalam perjalanan.

Selain perbedaan karakter kedua tokoh utamanya yakni Sam (Maisha Kanna) dan Happy (Lilli Latisha), ditambah Uci (Marsha Timothy), membawa kita ke dalam perjalanan yang penuh komedi seru dan menyenangkan, juga drama yang hangat dan mengharukan. Para pemeran pendukung, yaitu Lukman Sardi, Karina Suwandi, Ibnu Jamil, Edward Suhadi, M. Adhiyat, serta deretan komika ternama seperti Dodit Mulyanto, Mo Sidik, Praz Teguh, serta figur yang cukup dikenal di media sosial seperti Ligwina Hananto dan Suku_Dani, tidak kalah pentingnya.|Edo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*