Jejak Petualang Goes to Japan, Edisi Khusus Setouchi

IMG_20180916_170801-800x507-600x380

UrbannewsID | Sejak di tanda-tangani Perjanjian Perdamaian lndonesia-Jepang pada tanggal 20 Januari 1958, secara diplomatik hubungan kedua negara ini pun saling mengikat dengan baik. Jalinan persahabatan semakin kuat, melalui kerjasama di bidang ekonomi, politik maupun budaya.

Memperingati 60th Persahabatan lndonesia-Jepang tahun ini, menjadi momentum yang tepat untuk mengenal lebih dekat dengan melakukan pertukaran informasi wisata alam, budaya, dan kuliner. Apalagi, lndonesia-Jepang memiliki kemiripan secara geografis sebagai negara kepulauan.

Sebagai wujud nyata pertukaran informasi tersebut diatas. Dua perusahaan Indonesia yakni RBS (Rizki Bukit Sinema) bersama DNA (Digital Network Aestetik) Production, digandeng oleh AXON (salah satu perusahaan group dari Nippon TV Jepang) yang ditunjuk oleh pemerintah Jepang untuk memperkenalkan wisata dan budaya di Negeri Matahari Terbit.

Reino Barack CEO RBS, yang secara kebetulan sebagai Ketua Seni Budaya Persahabatan lndonesia-Jepang, dan Rina Novita, CEO DNA Production, yang dipercaya memproduksi tayangan televisi untuk memperkenalkan wisata Jepang, mengemas acara tersebut dalam program ‘Jejak Petualang’, salah satu acara unggulan Trans 7.

Tayangan Jejak Petualang yang sudah berjalan 15 tahun ini, berisi liputan serta explorasi berupa fenomena maupun hal menarik seputar alam, kebudayaan, kearifan lokal ragam bentuk sesuai fakta. Jejak Petualang memberikan nuansa dan pengalaman baru bagi pemirsa yang gemar melakukan kegiatan petualangan ke alam bebas, termasuk juga hal yang ekstrim.

Program Jejak Petualang kali ini, edisi khusus Setouchi, yang akan mengekplorasi keindahan alam Jeoang, dan acara ini ditempatkan dalam waktu penayangan weekend. Setouchi merupakan kawasan di Jepang yang indah sebagai tempat wisata. Di sana ada Jembatan Kintai (Kintai-Kyo), Kuil ltsukushima (Itsukushima Jinja), Miyajima, dan banyak tempat suci dan wisata lainnya.

Jejak Petualang’ edisi Setouchi dipandu dua host yakni Fardina Mufti dan Hana Malasan, serta mulai tayang pada 11 November selama empat episode berdurasi selama 1 jam. Mira Khairunnisa Salim, Chief Producer Jejak Petualang, edisi khusus Setouchi, mengaku senang diajak kerjasama. ”Kali ini, kita akan mengeksplorasi sisi lain dari keindahan alam Jepang, terutama Setouchi,” paparnya, Minggu (16/9) siang, di AEON Mall BSD City, Tangerang Selatan.

Reino Barack menuturkan, Persahabatan Indonesia-Jepang lewat program tayangan televisi ini, semoga semakin erat. Dan, harapannya di masa mendatang akan berdampak positif pada kemajuan ekonomi. Saat ditanya, apakah kerjasama ini bisa lanjut dan ditingkatkan ke program lainnya yang juga disiarkan oleh televisi ke dua negara, seperti gelar musik musisi Indonesia di Jepang, atau pun sebaliknya.

“Sangat memungkinkan saja, tergantung kesepakatan lebih lanjut nantinya. Sekedar catatan, beberapa waktu lalu kita juga menggelar konser musisi Indonesia di Jepang. Terus terang, saya baru diangkat sebagai Ketua Seni Budaya Persahabatan lndonesia-Jepang bulan Maret lalu, dan apakah tahun depan saya masih dipercaya,” tukas Reino.|Edo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*