Garuda Indonesia Travel Fair 2016, Menjadi Poros Penggerak Percepatan Target Wisnus dan Wisman yang Dicanangkan Pemerintah

image

Jakarta, UrbannewsID. | Pemerintah Indonesia, dalam hal ini diwakili Kementerian Pariwisata, bahwa potensi pariwisata Indonesia bisa dioptimalkan dalam beberapa tahun ke depan. Oleh karena itu, Kemenpar telah menetapkan target untuk tahun 2016 dengan angka-angka yang optimistis yakni; jumlah kunjungan wisman sebesar 12 juta dengan devisa yang dihasilkan diproyeksikan sebesar Rp 172 triliun. Jumlah perjalanan wisnus tahun 2016 ditetapkan sebanyak 260 juta perjalanan dengan uang yang dibelanjakan diproyeksikan sebesar Rp 223,6 triliun, sedangkan kontribusi pariwisata terhadap PDB nasional diproyeksikan akan meningkat menjadi 5% dan jumlah lapangan kerja yang diciptakan menjadi 11,7 juta tenaga kerja.

imageUntuk mendukung target yang dicanangkan pemerintah, PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. kembali menggelar “Garuda Indonesia Travel Fair (GATF) 2016”, setelah sebelumnya mendulang sukses pada GATF 2015 yang digelar pada bulan April dan September tahun lalu. GATF 2016 yang bekerjasama dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. sebagai bank partner, tetap akan dilaksanakan dua kali sepanjang tahun ini. Untuk phase pertama akan dilaksanakan pada tanggal 29 April hingga 1 Mei mendatang, yang akan dibuka mulai pukul 10.00 WIB hingga 22.00 WIB di Hall A dan B, Jakarta Covention Center Senayan.

GATF 2016 yang juga akan dilaksanakan secara serentak di 14 kota di Indonesia, yakni Jakarta, Bandung, Medan, Pekanbaru, Jambi, Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Makassar, Menado, Timika, dan Jayapura. GATF kali ini mematok target transaksi sebesar Rp 250 miliar dan 150.000 pengunjung selama dua kali pelaksanaan. Pada GATF 2015 lalu, menurut Direktur PT Garuda Indonesia, Agus Toni Sutirto, Garuda Indonesia berhasil mendatangkan sebanyak 117.000 pengunjung dengan jumlah total penjualan mencapai 238 miliar rupiah.

Mengangkat tema “More for Less”, GATF tahun ini merupakan wujud upaya Garuda memberikan kemudahan bagi customer dalam merencanakan perjalanan liburan lebih baik. Karena melalui perencanaan jauh-jauh hari (plan ahead) agar bisa mendapatkan harga yang lebih murah, waktu liburan yang tepat, dan paket yang lebih menarik, terutama bagi komunitas yang melaksanakan perjalan bersama. GATF juga merupakan one-stop-shopping, karena selain menjual tiket penerbangan, ada juga penawaran hotel, paket tour, hingga barang-barang perlengkapan liburan lainnya,” tambah Agus Toni, saat jumpa dengan awak media di Plasa Senayan Arcadia, Selasa (19/4).

GATF 2016 kali ini diikuti oleh Garuda Indonesia Group dan mitra usaha yang terdiri dari 52 Travel Agent, 9 Hotel & Theme Park, 3 National Tourism Organization, 13 Corporate & Travel Equipment, Media Partner, serta Bank BNI sebagai bank partner. Sementara itu, baik Garuda Indonesia dan juga Bank BNI akan mengikutsertakan beberapa mitra binaan masing-masing dari berbagai daerah seperti pengrajin batik, tenun, perak dan kerajinan (handcraft) lainnya. Dan yang paling menarik selama pelaksanaan GATF 2016 ini berlangsung, para pengunjung akan mendapatkan berbagai penawaran special, khususnya untuk 7 destinasi favorit antara lain, Singapore, Hongkong, Osaka, London, Denpasar, Lombok, Raja Ampat serta beragam penawaran menarik lainnya.|Edo (Foto Dudut SP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*