Daftar Lengkap Pemenang LTCK Lagu Keroncong 2017!

image

Jakarta, UrbannewsID.| Event tahunan “Lomba Tembang dan Cipta Karya Lagu Keroncong” tingkat nasional bergengsi ini juga sukses melahirkan penyanyi-penyanyi muda yang piawai menyanyikan lagu keroncong serta talenta-talenta yang kreatif, berwawasan modern dan karya-karya masterpiece yang diterima di kalangan muda dan masyarakat pada umumnya. Sebelumnya sukses dihelat pada tahun 2013 di Jakarta, tahun 2014 di Surakarta dan tahun 2015 di Semarang.

Gelaran event dimaksud untuk mengantisipasi adanya kelesuan apresiasi genre musik keroncong dan juga sebagai langkah yang dipandang strategis dalam memberikan alternatif untuk menggelorakan lagi budaya cinta karya anak bangsa. Terutama kepada para pemuda dan remaja  yang  saat ini tengah mengalami krisis jatidiri dan krisis kebanggaan atas  budaya asli Indonesia.

Tahun ini, “Lomba Tembang dan Cipta Karya Lagu Keroncong 2017” persembahan Yayasan Retno Dumilah dan Sekar Budaya Indonesia, Sabtu, 19 Agustus 2017, di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia, Jakarta. Sejak diimumkannya pelaksanaan pendaftaran yakni mulai Januari-Juni 2017, sukses menjaring peserta lomba dan berhasil menjadi finalis. Akhirnya, diumumkan para pemenangnya.

Berdasarkan kreteria yang telah ditetapkan, diantaranya karakter suara, artikulasi, teknik, cengkok dll. Para Juri yang terdiri dari Bambang Heri Santoso, Robertus Grasianus Bagus dan Julian Dekrita, memutuskan memilih Lima peserta masuk grand final untuk dinobatkan sebagai pemenang, namun sebelumnya mereka harus membawakan lagu wajib ‘Kr. Rintihan Alam’ dan satu lagu pilihan.

Grand final yang dibuka oleh Dirjen Kebudayaan Kemdikbud Dr. Hilmar Farid, dengan total hadiah sebesar Rp. 51 juta. Berikut daftar lengkap para para finalis dan pemenangnya.|Edo

Lomba Tembang Keroncong :

Sindhi Purbawati (Jakarta) – Juara I
Ridlo DP (Bandung) – Juara II
Charantia (NTB) – Juara III
Ismi Yasrika (Tasikmalaya) – Harapan I
Wahyu Hidayati (Yogyakarta) – Harapan II

Sedangkan dari peserta karya lagu berdasarkan kreteria: Ketaatan pada pakem keroncong, Orisinalitas, Lirik, Melodi dan Harmoni serta Inovasi :

Kr. Gelisahku karya Harry Yamba (Jakarta) – Juara I
Kr. Indahnya Nusantara karya Priyo Lestanto (Banten) – Juara II
Kr. Terimalah Laguku karya Aryanta Rusmana( NTB) – Juara III
Kr. Borobudur Indah karya Tejo Hanggoro (Kudus) – Harapan I
Kr. Nusantara Jaya , Karya Asmara Putra (Salatiga) – Harapan II

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*