Blogger Talkshow: “Mobil Bekas, Solusi Kebutuhan Konsumen”

image

Photo (ki-ka): Mr. Joe Dische selaku Chief Finance Officer PT iCar Asia, Hendrik Wiradjaja selaku Deputy Marketing Director PR Hyundai Mobil Indonesia, Bp. Halomoan Fischer Lumbantoruan selaku Chief Operational Officer Mobil 88 dan Mr. Hammish Stone selaku Chief Executive Officer PT iCar Asia berphoto bersama pada saat Talkshow Blogger yang mengangkat Topik ‘Mobil Bekas, Solusi Kebutuhan Konsumen’

Jakarta, UrbannewsID.| Berdasarkan analisa pasar Asia Tenggara untuk industri kendaraan bekas khususnya mobil bekas tahun 2015, Indonesia menduduki peringkat pertama dengan jumlah penjualan terbesar yaitu 3.039.873 unit, yang kemudian diikuti oleh Thailand di peringkat kedua dengan jumlah 2.398.896 unit. Beberapa negara Asia Tenggara lainnya di peringkat 3-7 yaitu Malaysia (2.000.022 unit penjualan), Filipina (865.827 unit penjualan), Vietnam (627.801 unit penjualan), Singapura (235.827 unit penjualan) dan Brunei Darussalam (43.218 unit penjualan).

Sehingga bila dibandingkan antara angka penjualan mobil bekas dengan mobil baru, terlihat bahwa memang mobil bekas masih menggungguli daripada penjualan mobil baru, dimana untuk data di tahun 2015 presentasi penjualan mobil bekas dibandingkan dengan mobil baru adalah 3.3 vs 1. Hal ini tentu menunjukkan bahwa mobil bekas masih menjadi pilihan utama bagi masyarakat Indonesia dalam memenuhi kebutuhan otomotif mereka, meskipun setahun belakangan ini marak bermunculan mobil-mobil LCGC (Low Cost Green Car).

Melihat pertumbuhan penjualan mobil bekas yang konsisten meningkat dari tahun ke tahun inilah yang melatarbelakangi berdirinya mobil88 di tahun 1988 yang berada dibawah naungan PT Arya Kharisma. Secara sejarah, di tahun 1999 mobil88 berganti manajemen dibawah PT Used Car Sales Operation dan di tahun 2000 menjadi satu bagian dengan Auto2000, PT Astra International Tbk. Sejak tahun 2006, mobil88 menjadi satu bagian dari manajemen PT Serasi Autoraya dan di tahun 2010 mobil88 berubah menjadi perseroan tersendiri, PT Serasi Mitra Mobil (anak perusahaan dari PT Serasi Autoraya).

Berdiri sejak tahun 1988, saat ini mobil88 telah beroperasi di 9 kota di Indonesia melalui 21 kantor cabang dengan volume penjualan lebih dari 15.000 unit per tahun. Secara visi perusahaan, mobil88 ingin menjadi perusahaan penjualan mobil bekas yang paling terpercaya dan dipilih oleh masyarakat di Indonesia. Dengan mengusung misi untuk menyediakan produk dengan kualitas tertinggi, valuable, pelayanan inovatif dan etika bisnis yang kuat untuk memperoleh profit perusahaan optimum, mobil88 juga telah memperoleh berbagai penghargaan diantaranya Word of Mouth Marketing Award yang diberikan oleh Octovate Consulting & majalah SWA dari tahun 2009-2012.

image

Halomoan Fischer Lumbantoruan, Chief Operation Officer mobil88 memaparkan, beberapa keuntungan membeli mobil bekas yaitu; 1) harga lebih murah, 2) kendaraan langsung bisa dipakai dan 3) tingkat depresiasi yang lebih rendah. Namun begitu beliau juga memaparkan fakta seputar resiko membeli mobil bekas dari penjual yang tidak kredibel diantaranya mobil dapat disita, kerugian material, ancaman keselamatan, tidak bisa BBN (Bea Balik Nama) dan ancaman tindak pidana 6 tahun. Penyebab faktor resiko tersebut berasal dari beberapa hal diantaranya dokumen (status hukum), kesesuaian fisik dan dokumen, kendaraan eks tabrak, kendaraan eks banjir dan odometer putaran.

“Dengan berbagai resiko membeli mobil bekas yang sangat tinggi tersebut, maka mobil88 hadir untuk memberikan solusi terbaik bagi masyarakat guna memenuhi kebutuhan kendaraan idamannya. mobil88 menjamin kualitas mobil bekas yang ditawarkan kepada konsumen dengan bergaransi resmi serta memiliki ragam merek dan varian dari mobil yang ditawarkan. Selain itu, mobil88 juga memiliki website faktual dengan 21 cabang di 9 kota di Indonesia serta memberikan layanan darurat secara gratis. Dengan beragam kemudahan ini, tentu konsumen layak merasa nyaman untuk menjadikan mobil88 sebagai mitra dalam membeli mobil bekas idaman. Seperti motto kami Jual Cerdas Beli Berkualitas,” ujar Halomoan, dalam acara blogger talkshow.

Industri penjualan mobil bekas juga memperlihatkan perkembangan yang signifikan, yakni turut menumbuhkan berdirinya beberapa perusahaan yang menyediakan penjualan mobil bekas. Selain mobil88, AutoSafe Hyundai Used Car yang merupakan devisi PT Hyundai Mobil Indonesia juga mulai hadir dengan menawarkan mobil bekas merek Hyundai. AutoSafe Hyundai Used Car memberikan rasa percaya dan aman bagi pelanggan yaitu: 1) meningkatkan resale value mobil bekas Hyundai, 2) mendukung penjualan kendaraan baru (trade in program), 3) sebagai price setter untuk harga pasar mobil bekas Hyundai dan 4) memberikan pilihan alternatif yang baik bagi konsumen yang menginginkan mobil bekas Hyundai.

Keuntungan lain yang diberikan AutoSafe Hyundai Used Car kepada konsumen adalah program Buy Back Guarantee dimana dapat langsung menghitung perkiraan harga kendaraan Hyundai (resale value) hingga 3 tahun ke depan termasuk perbandingan dengan mobil kompetitor dan memberikan customer’s peace of mind. Saat ini AutoSafe Hyundai Used Car telah memiliki 5 outlet/showroom yang dapat dikunjungi konsumen yaitu di Hyundai cabang Simprug, Hyundai cabang Cibubur dan Hyundai cabang Kali Malang (Jakarta), Hyundai cabang Soekarno-Hatta Bandung dan Hyundai cabang Gatot Subroto Bali.

image

“Kami memberikan beragam keuntungan bagi pelanggan kami diantaranya Hyundai membership, booking service, Hyundai home service, service kontrak kencana Hyundai, on time or free, Hyundai genuine parts warranty, national parts pricing, 5 years warranty product or 150.000 km, Hyundai 24 hours roadside assistance, 3 years buy back guarantee or 65.000 km, 3 years warranty (product) or unlimited km. Keseluruhan keuntungan tersebut demi memanjakan para pelanggan kami akan merasakan kualitas dan pelayanan terbaik yang kami berikan,” jelas Hendrik Wiradjaja, Deputy Marketing Director PT Hyundai Mobil Indonesia.

Adapun detil untuk berbagai keuntungan yang ditawarkan Hyundai seperti yang disampaikan oleh Hendrik Wiradjaja tersebut adalah:

– Hyundai Membership: keanggotaan untuk seluruh pemilik Hyundai dengan berbagai manfaat.
– Booking Service: layanan untuk kemudahan konsumen mengatur waktu kedatangan servis.
– Hyundai Home Service: layanan perawatan/perbaikan kendaraan di tempat (rumah/kantor) dengan tarif yang sama dengan di bengkel.
– Service Kontrak Kencana Hyundai: program perbaikan/perawatan kendaraan biaya tetap jangka waktu 1-4 tahun.
– On Time or Free: jaminan ketersediaan suku cadang 2×24 jam dan 24 jam emergency service datang dalam 1 jam.
– Hyundai Genuine Parts Warranty: 1 tahun garansi untuk suku cadang asli Hyundai atau 20.000 km.
– National Parts Pricing: harga suku cadang asli Hyundai yang berlaku sama secara nasional di seluruh jaringan resmi distribusi Hyundai Mobil Indonesia.
– 5 Years Warranty (product) or 150.000 km: 5 tahun/150.000 km garansi produk (eksklusif untuk Hyundai H-1).
– Hyundai 24 Hours Roadside Assistance: layanan bantuan (assistance) teknis 24 jam.
– 3 Years Buy Back Guarantee or 65.000 km: 3 tahun /65.000 km jaminan beli kembali.
– 3 Years Warranty (product) or Unlimited KM: 3 tahun/tanpa batasan km untuk garansi produk.

image

Berbagai informasi seputar mobil bekas tersebut dikupas secara rinci dalam acara Temu Blogger di kota Jakarta yang mengangkat topik ‘Mobil Bekas, Solusi Kendaraan Anda’ yang diselenggarakan mobil123.com secara berkala yang kali ini menampilkan narasumber dari mobil88 dan AutoSafe Hyundai Used Car. Pihak inisiator mobil123.com melalui Indra Prabowo, Managing Editor mobil123.com mengatakan bahwa mobil123.com memiliki komitmen untuk senantiasa memberikan wadah edukasi inspiratif bagi masyarakat otomotif Tanah Air dengan menggelar rangkaian kegiatan talkshow dan tatap muka dengan berbagai kalangan termasuk blogger secara rutin dan berkesinambungan.

“Sebagai situs otomotif terpercaya, kami memiliki komitmen untuk berbagi berbagai informasi dan wawasan serta mengedukasi para pembaca kami khususnya terkait perkembangan otomotif dan industrinya melalui wadah temu blogger yang digelar secara berkala dengan mengangkat topik-topik hangat, menarik dan bervariasi agar para blogger mendapatkan tambahan wawasan dan pengetahuan. Dengan mengankat topik mulai safety driving campaign, tips cerdas dalam memilih kendaraan terbaik untuk anak muda, pentingnya asuransi kendaraan hingga tips memilih kredit mobil yang menguntungkan tentunya merupakan informasi yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat,” kilah Indra Prabowo.

Ditambahkan Indra Prabowo, “Melalui kegiatan ini pun kami memberikan kesempatan kepada mitra-mitra kami untuk dapat sharing pengetahuan yang dimiliki dengan menampilkan narasumber dari berbagai industri otomotif sehingga kami berharap para peserta temu blogger dapat mengenal lebih dekat dengan perusahaan otomotif khususnya yang telah menjadi narasumber dalam temu blogger yang kami gelar. Kami berharap kontribusi yang kami perlihatkan selama ini dapat membantu mengedukasi masyarakat untuk menjadi masyarakat yang cerdas di segala hal”.|Edo (Foto Istimewa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*