30 Tahun Purwa Caraka Musik Studio Terus Berkibar!

IMG_20180131_214154

Jakarta, UrbannewsID.com | Tidak pernah terbayangkan oleh musisi dan komposer handal, Purwa Caraka, saat pertama kali mendirikan sekolah musik ‘Purwa Caraka Music Studio (PCMS)’ pada 1 Oktober 1988, di Kota Bandung, Jawa Barat, bakal menggurita dan mampu bertahan dan berdiri tegak hingga 30 tahun usianya sampai kini.
Saat itu, yang terpikir dan mendasari pria yang akrab disapa Kang Purwa yakni memberi ruang belajar bagi anak-anak untuk menyalurkan dan mengasah bakatnya di dunia seni, khususnya musik.

Kang Purwa paham betul, berdasarkan pengalaman saat ia kecil menyukai musik berbading terbalik dengan keinginan orang tuanya.
“Bimbingan minat belajar anak merupakan hak anak, dan kewajiban setiap orang dewasa. Maka dari itu, sudah seharusnya setiap anak-anak di seluruh Indonesia mendapatkan hak pendidikan, termasuk hak untuk bermain sambil belajar, demi tercipta generasi yang mandiri dan berjiwa sosial,” ujar Kang Purwa, Rabu (31/1) siang, di Pisa Kafe Menteng, Jakarta.

Pemikiran tersebut diataslah, kehadiran Purwa Caraka Musik Studio (PCMS) bertujuan untuk menciptakan manusia-manusia yang cerdas secara utuh dengan memberikan pelajaran musik dimana pada gilirannya dapat menghasilkan musisi yang dapat mempersembahkan dirinya melalui keahlian yang mahir, kreatif dan artistik.

Jadi, tidak heran PCMS yang sudah teragritasi dengan pola pendidkan Kemensikbud, serta memiliki sertifikasi uji kompetasi, keberadaan tersebar di seluruh Indonesia banyak diminati masyarakat. Tidak kurang sekitar 20 ribu murid PCMS, seperti nama-nama beken Teza Sumendra, Rossa dan Afgan pun pernah mengecap pendidikan di PCMS. TermasuK Marcell Siahaan sempat menjadi tenaga pengajar.

30 tahun sudah Purwa Caraka Musik Studio (PCMS) berdiri, masih banyak obsesi Kang Purwa belum terwujudkan. Ia ingin mengembangkan kelas baru seauai kebutuhan zaman. Untuk itu, Kang Purwa mendirikan tiga Purwa Caraka Music School Education Center yang kelasnya sedikit di atas PCMS untuk ngangkat kualitas. Termasuk ada rencana pula mengembangkan bisnis baru, yaitu rumah produksi.

Memperingati 30 tahun usia Purwa Caraka Musik Studio, sepanjang tahun 2018 ini segudang agenda event pun telah dipersiapkan. Mulai dari Asia Pacific Arts Festival di Kuala Lumpur, Final Festival Drum PCMS, Lomba Design Logo PCMS, Lomba Cover Jinggle PCMS, Konser PCMS Choir di Gedung Kesenian Jakarta (GKJ), sampai puncaknya konser Tiga Dekade yang akan digelar di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta pada 3 November 2018 mendatang.|Edo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*