20th Anniversary Souljah; Mereka Konsisten Menjaga Soliditas Bermusik!

image

UrbannewsID Musik | Menelisik ketakutan terbesar mempertahankan kesuksesan sebuah band yaitu, selain mengaku takut tidak bisa berkarya lagi, nyaris yang paling utama dan seragam soal soliditas band. Bukan tanpa alasan, banyak contoh band yang sempat ngetop bubar, karena personilnya sudah tidak solid lagi. Personilnya sudah makin mengedepankan ego, makin merasa lebih penting dibanding personil lainnya, dan buntutnya adalah bubar. Kalau pun tidak, gonta-ganti personil menjadi menu wajib.

Tidak perlu disebutkan band mana yang sempat populer kemudian bubar, dan atau band yang acapkali gonta-ganti personil, walau yang satu ini tidak selalu jelek. Karena jika bernasib baik ada yang ketika masuk personil baru, justru menemukan ritme dan sentuhan baru yang mengangkat semangatnya untuk bertahan. Memang tidak mudah menjaga soliditas sampai tahunan. Sulit menemukan band seperti U2, Aerosmith atau Rolling Stones yang sudah masuk usia renta, masih tetap ngeband dengan asik dan utuh.

Banyak alasan yang bisa diungkapkan, kenapa kehadiran mereka hanya seumur jagung. Kunci menuju kesuksesan sebuah band besar adalah integritas band itu sendiri. Mengerjakan hal-hal yang sudah biasa, dengan konisten dan terbaik. Percaya atau tidak, integritas band [dan para personilnya], dibangun atau dihancurkan oleh hal-hal sepele yang sudah mejadi rutinitas. Visi yang jelas akan membuat band punya keberanian riil untuk memberikan yang terbaik bagi fans dan industrinya sendiri. Tentunya akan bermanfaat untuk personil bandnya juga.

Rangkaian tulisan diatas, nampaknya menjadi modal kuat bagi group band ‘Souljah’, yang terbentuk pada bulan April 1998. Band yang beranggotakan empat personil yakni Danar (Vocal), Said (Toasting), David (Keyboard) dan Renhat (Bass), tetap solid dan konsisten, tidak saja pada aliran jamaican music yang mereka usung dan mainkan, tapi juga mereka sama-sama membangun band-nya layaknya sebuah perusahaan dimana masing-masing punya rasa tanggung jawab. Kekompakan dan soliditas inilah mereka jaga, hingga akhirnya mampu bertahan sampai diusia 20 tahun keberadaannya.

Souljah yang sukses sukses merilis 4 Album sepanjang karir bermusiknya yaitu Breaking The Roots (2005), Bersamamu (2007), Mestakung (2009), dan This Is Souljah (2014). Serta pula melahirkan hits single seperti Ku Ingin Kau Mati Saja, Tak Selalu, I’m Free, Bersamamu, Jatah Mantan, Satu Frekuensi, Bilang I Love You, Bebas-Bebas Aja, dan lainnya. Memaknai 20 tahun keberadaan dan konsistensinya di kancah musik tanah air, Souljah dibawah naungan label Bahaya Records akan menggelar konser “20th Anniversary’ pada tanggal 29 April 2018, di Mall Citra Klender Jakarta Timur.

Konser tersebut diadakan secara gratis untuk umum, terlebih khusus bagi Bradda Souljah [penggemar red:] yang selalu support dan loyal kepada Souljah dimanapun manggung. Dalam konser nanti, Souljah juga mengundang beberapa artis/musisi untuk tampil bersama seperti Bigwave, Skastra, Eskrimusik, dan para penampil band lainnya. Souljah juga mengadakan kuis di akun instagram @souljahmusik, lomba design baju bertemakan ulang tahun Souljah, serta berbagai kejutan yang nanti akan dihadirkan saat konser untuk memanjakan penonton yang datang ke konsernya nanti. Selamat ulang tahun ke-20, dan terus kibarkan bendera Souljah!|Edo (Foto Istimewa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*