19th Panasonic Gobel Awards 2016, Cerminan Kemajuan Industri Pertelevisian Indonesia

image

Jakarta, UrbannewsID. | Ajang penghargaan bagi industri dan insan Pertelevisian di Indonesia “Panasonic Gobel Awards (PGA)”, kembali dihelat untuk ke-19 kalinya. Apresiasi yang diberikan oleh PT Panasonic GOBEL Indonesia ini, selain untuk mendorong kreatifitas para insan pertelevisian dan memajukan industrinya, diharapkan pula televisi menjadi media pemersatu yang membanggakan bangsa Indonesia. Hal ini, sejalan dengan tema yang diangkat yakni “Kebanggaan Indonesia”, mencerminkan media televisi memegang peran penting dalam menyiarkan informasi kepada masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

“Seluruh rangkaian kegiatan dari The 19th Panasonic Gobel Awards 2016 diharapkan tidak hanya memberikan kontribusi untuk peningkatan kualitas industri Pertelevisian yang edukatif, namun dapat turut mendorong kemajuan industri kreatif di dalam negeri. Sudah saatnya kita bersama-sama mendukung kemajuan dunia Pertelevisian di Indonesia untuk kehidupan bangsa yang lebih baik,” ujar Chairman of The 19th Panasonic Gobel Awards 2016 Wendy Syofyan, saat preskon Kick Off The 19th Panasonis Gobel Awards 2016 di Jakarta, Selasa (19/7).

Wendy Syofyan menambahkan, PGA kali ini melibatkan berbagai pihak dalam rangka memberikan proses penilaian yang baik dan akurat. Untuk itu, kami merangkul Tim independen, seperti AC Nielsen dan Ernst & Young. Selain terdapat Core Team dan Judges dari kalangan artis dan praktisi yang bergerak di bidang Pertelevisian. Ada 22 kategori nominasi pemenang, terdiri dari 8 kategori individu dan 14 kategori program televisi yang telah dipilih berdasarkan hasil riset dari AC Nielsen. Seluruh kategori ini merupakan pilihan masyarakat, sehingga mencerminkan kebanggaan mereka terhadap industri Pertelevisian Indonesia.

Helmy Yahya yang di dampuk sebagai Steering Commitee of The 19th Panasonic Gobel Awards 2016 menjelaskan,”Kami menyadari bahwa proses penilaian pemenang The 19th Panasonic Gobel Awards 2016 harus dilakukan secara komprehensif. Oleh sebab itu kami akan melakukan penilaian yang terdiri dari tiga tahap. Tahap pertama adalah pemilihan kategori berdasarkan hasil riset AC Nielsen sebagai mana yang diumumkan pada hari ini, selanjutnya pemilihan nominasi pada bulan Agustus,” paparnya.

Pada tahap selanjutnya, nominasi terpilih akan diumumkan dan diberikan kesempatan kepada masyarakat untuk memberikan voting melalui SMS. Proses pemilihan ini akan berlangsung pada pertengahan bulan Agustus sampai dengan akhir September 2016 . Hasil voting akan disortir oleh Ernst & Young dan diumumkan pada acara puncak Awarding Night di 14 Oktober 2016 mendatang. Seluruh tahap penilaian akan diuji kebenarannya oleh Tim verification yang berasal 15 stasiun televisi terkemuka dan Core Team The 19th Panasonic Gobel Awards 2016.

Alex Kumara pakar Pertelevisian yang hadir dalam acara Kick Off The 19th Panasonic Gobel Awards 2016, saat ditanya pandangannya mangatakan, saat ini ada dua program penghargaan untuk dunia penyiaran khususnya terhadap isi siaran, yaitu Panasonic Gobel Awards dan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Awards. Bedanya hanya pada sistem penilaian, kalau PGA bersifat kuntitatif karena sistem penilaian berada ditangan masyarakat berdasarkan rating atau popular. Sementara, KPI Awards lebih pada sisi kualitatif yang penilaiannya dilakukan oleh juri independen.

Anugerah KPI sendiri dimaksudkan untuk mendorong program penyiaran baik televisi maupun radio untuk menghasilkan program penyiaran yang berkualitas dan terbaik, bukan program yang hanya mengedepankan penonton atau mengejar rating tinggi. Kedigdayaan media televisi sebagai medium informasi yang menyerbu ke seluruh pelosok dunia dengan denyut-denyut kehidupannya, telah menjadi cermin dalam peradaban manusia abad ini. Kehadiran kedua anugerah ini, menurut Alex memang diharapkan dapat menjadi pemicu bagi semua lembaga penyiaran untuk menyajikan karya yang bukan hanya menghibur tapi juga berbobot, informatif, dan mencerdaskan.|Edo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*