1000kata memaknai keindahan Indonesia lewat “#iniNegriku – A Visual Journey”

image

Buku #iniNegriku – A Visual Journey berisikan potret tentang 10 daerah di Indonesia yakni : Ternate, Tambulaka – Sumba, Berau, Waerebo – Ende, Sibolga – Sumatera Utara, Labuan Bajo – Bima, Putusibau – Pontianak, Sorong – Manokwari Jayapura, Langgur, Saumlaki – Ambon dan Banyuwangi, yang memiliki keunikan dan keindahan alam yang eksotis.

Jakarta, UrbannewsID. | Sukses meluncurkan buku foto NESW pada 2014 yang lalu, 1000kata kembali meluncurkan buku foto #iniNegriku – A Visual Journey hari ini di Auditorium Galeri Indonesia Kaya. Berbeda dengan buku sebelumnya yang bertemakan street photography dan hanya menggunakan kamera handphone, buku #iniNegriku – A Visual Journey menggunakan kamera Mirrorless – NX 1 yang dikeluarkan Samsung untuk menjelajah daerah tujuan wisata yang ada di tempat-tempat terpencil. Daerah tujuan wisata yang dikunjungi oleh sembilan perwarta foto ini juga merupakan rute perintis yang hanya dilakukan oleh Garuda Indonesia.

imageBuku #iniNegriku – A Visual Journey berawal dari mimpi sederhana sembilan orang pewarta foto yang berbagi cerita tentang keindahan dan keragaman Indonesia melalui Instagram (IG), masing masing menvisualisasikan keindahan Indonesia dengan cara yang berbeda. Sebuah foto indah akan menjadi lebih indah bila mempunyai cerita yang melengkapinya.

Misi utama pembuatan buku ini adalah kampanye bahwa fotografi merupakan salah satu media yang efektif dalam penyampaian pesan. Dengan fotografi, mata dan pikiran kita lebih terbuka untuk mengejawantahkan arti sebuah patriotisme. Karena untuk mencintai tanah air yang diperlukan bukan slogan dan celotehan tapi bagaimana mengenal Indonesia bersama rakyatnya dari dekat.

 

Di dalam buku ini, kami hanya ingin menyampaikan pesan yang sederhana, bahwa Indonesia adalah negeri yang luar biasa kaya, indah, dan harus dijaga bersama karena keberagaman yang ada pada Indonesia lah yang membuat kita sangat kaya dan indah, kata A. Zamroni, salah satu founder 1000kata.

Perjalanan dalam merealisasikan mimpi 1000kata dimulai pada awal Maret 2015, tujuan pertama adalah Ternate yang dilakukan oleh Dita Alangkara, kemudian Ahmad Zamroni ke Tambulaka – Sumba; Prasetyo Utomo ke Berau; Peksi Cahyo ke Waerebo – Ende; Yuniadhi Agung ke Sibolga – Sumatera Utara; Mast Irham ke Labuan Bajo – Bima; Eddy Poernomo melakukan 2 perjalanan ke Putusibau – Pontianak dan Banyuwangi; Sumaryanto Bronto ke Sorong – Manokwari Jayapura; dan di akhir Maret Beawiharta melakukan perjalanan ke Langgur, Saumlaki – Ambon.

Daerah yang dijadikan jelajah visual fotografi tim 1000kata merupakan rute perintis yang kami baru buka pada awal tahun 2015 lalu. Melihat potensi alamnya yang kaya dan indah membuat kami membuka rute perintis, agar daerah daerah tersebut juga dapat dijadikan tujuan wisata lainnya di Indonesia, jelas Benny S Butarbutar, Corporate Communication Garuda Indonesia.

Indahnya alam dan keragaman budaya Indonesia dapat dinikmati didalam buku #iniNegriku – A Visual Journey yang terdiri hampir 200 halaman. Narasi visual yang disajikan membuat mata dan rasa begitu dimanjakan dengan hasil foto yang tajam dan indah.

Support kami dalam proses pembuatan buku #iniNegriku – A Visual Journey merupakan bentuk kecintaan kami pada Indonesia dan upaya kami agar masyarakat Indonesia dapat ikut mencintai keindahan bangsa ini. Kami sangat bangga bahwa Samsung NX1 sebagai perangkat yang ikut menjadi bagian dalam merealisasikan keindahan dan keragaman alam Indonesia dalam narasi visual, ujar Vebbyna Kaunang, Marketing Director IT&Mobile Samsung Electronics Indonesia menambahkan.

Buku #iniNegriku – A Visual Journey tidak menggandeng publisher manapun, murni didistribusikan dan dijual secara mandiri. Buku dapat dipesan langsung melalui website 1000kata dan akun sosial twitter serta instagram milik @1000kata, dengan harga Rp 225.000 (soft cover) dan Rp 325.000 (hard cover).|Edo (Foto Istimewa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*